SOSIALISASI HASIL KERJA KKN 23




Dalam mengenalkan hasil kegiatan kuliah kerja nyata, kelompok kkn 23 mensosialisasikan mulai dari pengolahan jagung dari belum diolah sampai dipasarkan, untuk itu para warga di kumpulkan di balai desa untuk mengetahui segala kegiatan agar desa menjadi berkembang.




Sosialisasi pertama adalah pengenalan teknologi tepat guna dimana kelompok kkn membuat alat pemipil jagung, pemapil ini saat di sosialisasikan terbuat dari bahan besi dan untuk penyangganya terbuat dari kayu, akan tetapi jika kemahalan, besi bisa diganti dengan kayu, untuk pemutarnya mendapat masukkan dari masyarakat yaitu penambahan klaker sebagai pelican saat memutar alat sehingga lebih cepat.




Sosialisasi kedua yaitu pengolahan jagung menjadi produk unggulan dimana kelompok kkn mengolah biji jagung menjadi selai jagung sehingga menambah daya jual jagung yang biasanya hanya diolah menjadi kripik oleh ibu pkk, dan tidak hanya itu ibu pkk mendapat ilmu baru dalam mengolah jagung dan diharapkannya dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di desa duko tambin.
Sosialisasi ketiga yaitu pengolahan kulit jagung, pada awalnya di desa duko tambin selalu panen jagung setiap 3 bulan sekali akan tetapi kulit jagung dibuang begitu saja, atau dikasih ke ternak mereka, kali ini kelompok kkn mengajarkan cara mengolah kulit jagung menjadi accessories yaitu bros, dalam hal ini pembuatan nya sangat mudah akan tetapi membutuhkan ketelatenan agar produk yang dibuatnya lebih terlihat menarik. Dengan berbekal pewarna pakaian, kawat dan kertas layangan kerajinan pun jadi.
Sosialisai ke empat yaitu pemasaran produk yang telah diajarkan oleh kkn yaitu bros, dan selai jagung dengan menggunakan media massa facebook, para warga diperkenalkan cara mendaftarkan akun facebook setelah itu diajarkan menginput data ke marketplace yang ada pada fasilitas facebook.

Share on Google Plus

About Desa Duko Tambin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar